Selasa, 15 Juni 2010

Unsur-Unsur Komunikasi

Unsur- Unsur Komunikasi

Sumber

Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.

Komunikastor

Dalam komunikasi, setiap orang atau kelompok dapat menyampaikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses dimana komunikator dapat menjadi komunikan, sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator

Ø Penampilan

Ø Penguasaan Masalah

Ø Penguasaan Bahasa

Pesan

Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator, pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarahan di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kapada tujuan akhir komunikasi itu.

  1. Penyampaian Pesan
  2. Bentuk Pesan :Informatif, Persuasif, Koersif

Hambatan-hambatan terhadap pesan acapkali kita alami dalam komunikasi, lain yang di harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini disebabkan adanya hambatan-hambatan terutama adalah:

Ø Hambatan Bahasa ( Language Factor)

Ø Hambatan Teknis (Noise Factor)

Channel atau Saluran

Channel adalah saluran penyampaian pesan, bias juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa. Disebut demikian karena sifatnya yang massal, missalny televise dan sebainya.

Komunikasi

Komunikasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis, yaitu personal, kelompok, dan massa. Dari segi sasaranya maka komunikasi ditunjukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

Ø Komunikasi Persponal

Ø Komunikasi Kelompok

Ø Komunikasi Massa

Efek

Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tadak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai maka itu berarti komunikasi berasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari

Ø Personal Opinion

Ø Publik Opinion

Ø Majority Opinion.

Faktor yang Mempengaruhi dalam Proses Komunikasi

1. Empat Tahap Proses

Menurut komunikasi (cutlip dan center) yang efektif harus dilaksanakan. dengan melalui empat tahap, yaitu : pungumpulan fakta, perencanaan, komunikasi, dan evalusi.

2. Prosedur Mencapai Effect yang di Kehendaki

Wilbur Schraam mengatakan: untuk mendapatkan effect yang tempuh adalah apa yang disebut sebagai “ A-A Procedure” yaitu proses dari Attention (perhatian) ke Actition (tindakan).

Lebih jelasnya proses tersebut dapat dilihat sebagai berikut :

Ø Attention ( perhatian )

Ø Interest ( kepentingan )

Ø Desire ( keinginan )

Ø Decision ( keputusan )

Ø Action (tindakan )

Dalam praktek jika kita berbicara di dalam umum, pertama harus dibangkitkan dulu perhatian dari massa dengan berbagai cara untuk menarik perhatian. Kemudian timbulkan kepentingan apa yang disampaikan cocok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar